Pemilihan OSIM MTs Nurul Huda Mangunsari Masa Bakti 2022/2023

Pesta Demokrasi di MTs Nurul Huda Mangunsari

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat seperti yang dijelaskan dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 2, bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat. Di mana rakyat memiliki sebuah kekuasaan yang diserahkan kepada negara untuk menjalankan fungsinya. Kedaulatan rakyat merupakan ajaran dari demokrasi, kekuasaan berada di tangan rakyat. Sehingga rakyatlah yang sepenuhnya memegang kekuasaan negara. Demokrasi dapat berjalan dengan baik jika didukung kesadaran yang memadai dari rakyat, penegakan hukum, dan infrastruktur yang baik.

Untuk menumbuhkan kesadaran demokrasi yang memadai dari rakyat termasuk generasi muda diperlukan adanya pendidikan demokrasi melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PPKn).

Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM MTs Nurul Huda Mangunsari Masa Bakti 2022/2023 dilakukan dengan sistem pemungutan suara melalui google form oleh siswa MTs Nurul Huda Mangunsari. Pemungutan suara kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pada tahun sebelumnya dalam masa pandemik sehingga pemungutan suara dilaksanakan secara online. Sementara pada tahun ini bisa dilakukan secara langsung dan meriah.

Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM MTs Nurul Huda Mangunsari dilaksanan pada Rabu, 22 November 2022. Pada kesempatan ini pemilihan ketua OSIM MTs Nurul Huda Mangunsari dirancang sama seperti yang dilaksanakan pada saat pemilihan umum beberapa waktu lalu yaitu mengusung tema, “Tanamkan Demokrasi Sejak Dini”.

Tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIM dimulai dari:

  1. Pemilihan calon ketua OSIM yang dipilih oleh wali kelas 8A, 8B, dan 8C
  2. Masing-masing kandidat yang terpilih membuat visi-misi yang harus dikampanyekan
  3. Masing-masing kandidat menyampaikan visi-mis pada saat upacara bendera, senin 21 November 2022.
  4. Pelaksanaan pemilihan OSIM dan penghitungan suara OSIM dilaksanakn pada Rabu, 23 November 2022.
👉 TRENDING :   Betapa Mulianya Seorang Pengajar

Setiap siswa diberikan kesempatan untuk melaksanakan pemilihan calon ketua OSIM. Diharapkan semua siswa menggunakan hak pilihnya dengan baik, sehingga tidak ada kecurangan.

Satu persatu siswa pemilih mengunjungi Link di bawah untuk dapat melakukan hak pencoblosan melalui link.

https://forms.gle/rpSm5jVgxW92ZiPD6

Pengumuman hasil perolehan penghitungan suara pemilihan ketua OSIM disampaikan oleh Pembina OSIM. Menurut Bapak Faiz Jawami’ Amzad “Apapun hasilnya, pastilah yang terbaik untuk masa depan dan kebaikan MTs Nurul Huda Mangunsari.”
Kegiatan pemilihan Ketua dan wakil ketua OSIM diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan ketua OSIM dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIM.

 

Paslon Nomor Urut 1

Ketua (Siti Nur Aini)

Wakil Ketua (Amanda Putri Meilani)

Visi : Terciptanya MTs Nurul Huda yang lebih baik dan maju.

Misi :

  1. Terciptanya kedisiplinan dan ketertiban yang tumbuh dalam jiwa masing-masing siswa.
  2. Terciptanya akhlakul karimah
  3. Terciptanya siswa-siswi yang taat pada peraturan
  4. Menunjukkan kesadaran dan kepeduliannya dalam masalah social
  5. Semangat memajukan MTs Nurul Huda

 

  1. Paslon Nomor urut 2

Ketua (Hasyim Asyarif)

Wakil Ketua (Achmad Dhani)

Visi : Menjadikan OSIM MTs Nurul Huda sebagai mitra kerja dalam membangun siswa-siswi yang berbudi pekerti luhur dan berprestasi serta melatih dalam bersosialisasu dan berorganisasi.

Misi :

  1. Meningkatkan kemajuan dan ketakwaan warga sekolah.
  2. Menambahkan rasa social yang tinggi antara warga sekolah.
  3. Menjaga, memajukan, dan mengharumkan nama baik sekolah.
  4. Menertibkan peraturan yang tidak berjalan maksimal.
  5. Menjadikan OSIM sebagai wadah aspirasi siswa.
  6. Hasil Pemilihan OSIM Masa Bakti 2022/2023Berdasarkan hasil pemilihan OSIM MTs Nurul Huda Mangunsari masa bakti 2022/2023, paslon nomor urut 2 yaitu Hasyim Assyarif dan Achmad Dhani menjadi pemenang dengan perolehan suara 74,1%. Sementara, paslon nomor urut 2 memperoleh suara 25,9%. Berikut bagan responden hasil pemilihan OSIM MTs Nurul Huda Mangunsari masa bakti 2022/2023 yang diikuti oleh seluruh siswa muali kelas 7 sampai kelas 9.
👉 TRENDING :   MTs NURUL HUDA MANGUNSARI TURUT MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN

Kata Kunciprofil madrasah dan photonya -