PELAKSANAAN PAT 2022 MASIH MENGGUNAKAN KERTAS

Mangunsari-Siswa-siswi MTs Nurul Huda Mangunsari telah lima hari melaksanakan kegiatan PAT. Menurut jadwal pelaksanaan, PAT ini berlangsung selama tujuh hari dan berakhir pada 8 Juni 2022.Dari hari pertama sampai hari ke lima Pelaksanaan PAT belangsung sangat kondusif dan tertib. Seperti yang terlihat pada gambar pelaksanaan PAT di MTs Nurul Huda Mangunsari masih bersifat konvensional atau masih menggunakan kertas dalam mengerjakan soal. Hal tersebut memunculkan sebuah pertanyaan mengapa tidak menggunakan PATBK (Penilaian Akhir Tahun Berbasi Koputer) dalam pelaksanaannya?

Ada suatu hal yang harus diketahui oleh pembaca yang budiman, mengapa di MTs Nurul Huda Mangunsari masih menggunakan kertas dalam mengerjakan soal. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya sarana dan prasarana yang memadai di MTs Nurul Huda mangunsari khususnya teknologi yang mendukung kegiatan tersebut. “Komputer atau laptop yang dimiliki oleh MTs Nurul Huda Mangunsari hanya 35 unit, sementara siswa-siswi kelas tujuh dan kelas delapan jumlahnya kurang lebih dua ratus siswa. Ketidakseimbangan antara jumlah Komputer yang dimiliki madrasah dengan jumlah siswa yang menjadi kendala utama. Sementara apabila jadwal ujian dibuat shift atau sesi itu akan memakan waktu yang panjang dan hal tersebut akan berimbas dengan kegiatan siswa di pesantren, karena lebih dari separuh siswa di MTs Nurul Huda mangunsari bermukim di peantren. Sehingga dari berbagai alasan tersebut, maka  pelaksanaan PAT tahun 2022 masih menggunakan metode konvensional”, pukas  Muhammad Syahrul Hendrawan selaku sekretaris panitia PAT 2022 MTs Nurul Huda mangunsari.

Meskipun belum bisa seperti lembaga-lembaga besar lainnya yang mempunyai sarana-dan prasarana yang mumpuni dalam melaksanakan kegiatan PAT, hal tersebut tidak menyurutkan semangat MTs Nurul Huda mangunsari untuk tetap menjadi lembaga yang berinovasi di tengah keterbatasan yang dipunya. Semoga kelak kedepannya lembaga ini memperoleh suntikan dana dari pemerintah untuk mengembangkan infrastruktur khususnya teknologi  dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di MTS Nurul Huda Mangunsari. Mengiangat begitu besar anemo masyarakat untuk mempercayakan pendidikan anak-anaknya di  MTs Nurul Huda mangunsari.

👉 TRENDING :   Jalan Sehat Memadati Desa Mangunsari

Siti Handayani, S. Pd